Minggu, 23 Mei 2010

WADAH KREATIVITAS

Anak-anak kita perlu diberikan wahana untuk menuangkan kreativitasnya. Proses pendidikan harus menyeluruh pada semua aspek pribadi dan kemampuannya. Kesempatan itu bisa berupa apa saja; baik waktu, alat, sarana, dorongan, bimbingan, arahan, dan bahkan "membiarkan" anak menentukan pilihannya sendiri.
Jika Anda percaya, "Berilah anak-anak kesempatan melakukan, maka mreka pasti bisa"; maka itu dapat dikatakan sudah 90 persen keberhasilan. Mengapa di masa lalu, sering orang tua menjerit ketika melihat anak kecil terjatuh? Faktor apa yang mendorong mereka bereaksi terkejut? Di sisi lain, jika anak terjatuh, tetapi tidak ada yang melihat, atau tidak ada orang di sekitarnya yang menjerit kaget, maka anak tersebut tidak akan menangis. Paling-paling meringis kalau memang dia kesakitan. Jadi, kalau ada anak kecil terjatuh dan mendengar ada orang lain di sekitarnya yang menjerit, maka dia akan menangis sekuat-kuatnya: mencari perhatian. 
Blogg dapat dipandang sebagai media penyaluran kreativitas bagi anak-anak, remaja kita. Pemberian bimbingan, arahan, dan pembelajaran bagaimana berkreasi di blog, agar tidak melanggar norma atau disalahgunakan, memang diperlukan. Terutama bagi blogger pemula, atau yang memang dipandang perlu pendampingan khusus.

Tidak ada komentar: