Jumat, 11 Maret 2011

Menggugah Minat Baca dan Cinta Buku

Sejak fase awal manusia mengenal tulisan, buku dalam bentuknya yang paling sederhana, telah menjadi medium pewarisan pengetahuan, nilai-nilai, dan budaya suatu masyarakat. Ringkasnya adalah bahwa peradaban umat manusia sekarang tak dapat dilepaskan dari peran buku.
Di era kemajuan di bidang teknologi komunikasi dan informasi, buku telah bermetamorfosis menjadi beragam bentuk dan wujud. Desain buku biasanya dibuat atraktif guna menggugah ketertarikan orang untuk membacanya. Buku sekarang juga tersedia dalam bentuk elektronik (e-book). Apapun bentuknya, fungsi dan peran buku bagi suatu masyarakat atau umat manusia pada hakikatnya adalah sama: penjaga keberlangsungan kebudayaan dan peradaban.
Sesungguhnya, tak dapat disangkal, disadari atau tidak, bahwa setiap orang memerlukan buku. Peran buku dalam komunikasi ilmu pengetahuan sangat vital. Tak dapat dipungkiri, buku turut berperan, baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap perkembangan diri seseorang.
Buku adalah samudera ilmu pengetahuan. Dalam buku terkandung cakrawala pandangan dari beragam latar belakang ras bangsa, terekam catatan sejarah para tokoh, tersaji beragam peristiwa. Buku juga berisi konsep-kosnep dan metodologi yang bisa diterapkan dalam berbagai konteks.(lanjut*****)

Tidak ada komentar: