Jumat, 15 April 2011

LANDASAN TEORI DAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI

TUGAS KELOMPOK DALAM MATA KULIAH MOZAIK TEKNOLOGI PENDIDIKAN
 KELOMPOK 4 MAGISTER TEKNOLOGI PENDIDIKAN - FKIP - UNILA - 2009

I. PENGERTIAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI
Untuk memahami pengertian teknologi komunikasi maka perlu dikemukakan konsepsi mengenai teknologi dan komunikasi. Menurut kamus, teknologi berarti kemampuan teknis yang berlandaskan pengetahuan ilmu eksakta, yang berdasarkan proses teknis. Sedangkan teknik, berarti cara membuat sesuatu, cara melaksanakan atau mengerjakan sesuatu yang berhubungan dengan seni; kepandaian membuat sesuatu yang berhubungan dengan hasil industri.
Menurut Roger (1983) teknologi adalah suatu rancangan (desain) untuk alat bantu tindakan yang mengurangi ketidakpastian dalam hubungan sebab akibat dalam mencapai suatu hasil yang diinginkan. Suatu teknologi biasanya mempunyai dua aspek yaitu aspek hardware (terdiri dari material atau objek fisik) dan aspek software.
Jacques Ellul (1967) mengartikan teknologi sebagai keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri efisiensi dalam setiap kegiatan manusia. Gary J. Anglin (1991:7) (dalam Yusufhadi Miarso, 2007:490) mendefinisikan teknologi sebagai penerapan ilmu-ilmu perilaku dan alam serta pengetahuan lain secara bersistem dan menyistem, untuk memecahkan masalah.
Makna komunikasi, menurut kamus, adalah kontak, hubungan, penyampaian dan penerimaan pesan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang memungkinkan pesan itu bisa diterima atau dipahami. Kedua istilah ini dalam penerapannya tampak mengalami perluasan arti. Contoh, teknologi yang semula dengan gampang selalu diasosiasikan dengan peralatan-peralatan canggih seperti komputer, mesin-mesin, handphone, pesawat terbang, dan sebagainya, sekarang sudah bermakna sebagai suatu pengetahuan tentang cara-cara, prosedur, urutan proses. Contohnya adalah teknologi pendidikan, teknologi pertanian, rekayasa sosial. (lanjut*****)

Tidak ada komentar: