----- Artikel ini dimuat Lampung Post, Sabtu, 28 Mei 2011 ------
SIAPA peduli perpustakaan? Pertanyaan ini tak berlebihan jika kita menelisik lebih
jauh terhadap aktivitas di perpustakaan dan apa yang ada dalam perpustakaan.
Secara esensial, jika kita ingin memotret pendidikan dan segala dinamikanya,
salah satunya dapat dilakukan dengan meninjau kondisi perpustakaan. Artinya,
perpustakaan adalah medium yang strategis bagi pemajuan pendidikan.
Tepat
kiranya jika ada suatu dinas di daerah yang menggabungkan pendidikan dengan
perpustakaan. Maksudnya, agar perpustakaan mendapat porsi perhatian yang lebih.
Dengan melihat kondisi dan aktivitas dalam perpustakaan suatu institusi
pendidikan, kita akan mendapat gambaran bagaimana proses pendidikan
berlangsung, seberapa signifikan bagi perubahan sikap, pengetahuan, dan
keterampilan peserta didik. Setidaknya kita dapat membuat kesimpulan sementara
tentang peserta didik, menyangkut aktivitas positif, tingkat kreativitas, dan wawasan mereka.
Dewasa
ini, kemajuan dan perkembangan yang terjadi di dalam perpustakaan agaknya kalah
dengan dinamika yang terjadi di luar perpustakaan. Artinya, peserta didik
memiliki beragam kemungkinan untuk memperoleh pengetahuan baru melalui penggunaan
media teknologi komunikasi dan informasi.(lanjut*****)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar