Sabtu, 22 Oktober 2011

PENTINGNYA JURNALISTIK BAGI SISWA


Dunia jurnalistik kini banyak diminati generasi muda. Indikator yang dapat dilihat di antaranya adalah antusiasme peserta dalam berbagai pelatihan, aktivitas kunjungan siswa ke lembaga penerbitan dan penyiaran, dibukanya program studi komunikasi atau sejenis di perguruan tinggi, dan banyaknya media komunikasi massa yang beredar saat ini.
DEWASA ini tumbuh kesadaran pentingnya pendidikan karakter bangsa, yang menyatu dalam proses pendidikan di sekolah. Kesadaran ini timbul setelah melihat kenyataan degradasi mental dan moral kalangan pelajar. Kasus-kasus kekerasan, pelanggaran norma sosial, dan sebagainya, di kalangan pelajar, semakin menagaskan pentingnua keseimbangan antara pendidikan moral dan karakter bangsa dan pendidikan yang mengedepankan kecerdasan intelektual.
Banyak gagasan terkait bagaimana pendidikan moral, budi pekerti, dan etika diterapkan di sekolah. Mulai dari menghidupkan kembali Pendidikan Moral Pancasila, rekonstruksi pendidikan sejarah perjuangan bangsa, penambahan jumlah jam dan metodologi pembelajaran agama, menghidupkan lagi kegiatan Pramuka sebagai kegiatan wajib, sampai usulan penambahan mata pelajaran baru yang bermuatan tentang moral dan etika. (*****lanjut)

Tidak ada komentar: