Senin, 12 Oktober 2009

MARI DISKUSIKAN TEMA-TEMA BERIKUT INI

1. Masalah pendidikan di Indonesia diakui sangat kompleks, baik pada tataran pelaksanaan maupun pada level kebijakan. Benarkah semua masalah itu berakar pada kualitas guru? Jika ya, bagaimana dengan kualitas aparatur birokrasi, dari departemen sampai dinas-dinas di kabupaten/kota, bahkan sampai mereka yang disebut pengawas/penilik/kepala UPT di kecamatan-kecamatan? Lalu apa kunci untuk mulai membongkar dan memperbaiki sistem pendidikan? 2. Bagaimana upaya meningkatkan kualitas/mutu guru yang tersebar luas di seluruh wilayah negeri ini? Cukupkah mereka dengan di-S1-kan, dengan tetap melaksanakan tugasnya, dan dosen yang mendatangi mereka (kelompok-kelompok belajar mahasiswa)? Seberapa signifikan perubahan yang dihasilkan dari model ini? 3. Di perguruan tinggi telah diwacanakan dan mulai dilaksanakan Badan Hukum Pendidikan (BHP) dan Badan Hukum Milik Negara (BHMN)untuk kampus-kampus negeri. Hal ini menimbulkan dua kutub pro-kontra. Jika Anda pro, apa penjelasannya? Dan jika Anda kontra, lalu ide apa dan bagaimana yang Anda tawarkan untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi?

Tidak ada komentar: